Selamat Datang di SDN Cipayung 01, Kami Berikan Yang Terbaik Untuk Putra-Putri Indonesia

Dunia Pendidikan Sedang Mengalami Cobaan

Pendidikan merupakan kebutuhan pokok yang harus menjadi prioritas bagi semua pihak tidak terkecuali Sekolah, Pengelolaan pendidikan yang baik adalah cermin dari kesiapan semua pihak dalam menyikapi semua kebijakan Pemerintah tentang sistem pendidikan. Dalam perjalanannya tidak semua kebijakan pemerintah dapat dengan mudah diterima oleh Sekolah sebagai contoh adalah pengelolaan dana operasional sekolah yang terkait dengan sekolah gratis. Banyak hal yang terkadang membuat pihak sekolah merasa tidak bisa optimal dalam memanfaatkan keuangan Negara (BOS KITA dari Bank Dunia) rasa ketakutan yang berlebihan membuat pengelolaan BOS KITA menjadi tidak sesuai dengan yang diharapkan.
Sekolah Gratis merupakan peraturan pemerintah yang harus dilaksanakan oleh Sekolah Negeri dasar dan menengah, untuk itu pemerintah telah mengucurkan dana (Hutang dari Bank Dunia) yang tidak sedikit untuk membiayai operasional sekolah. Untuk itu sekolah dituntut memanfaatkan dana itu sesuai peraturan dan perundang-undangan yang berlaku, tidak ada yang salah dalam pengucuran dana tersebut menjadi salah jika dana tersebut peruntukannya tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
Bagi sekolah dengan jumlah murid yang banyak tentu akan menerima jumlah dana BOS KITA yang lebih besar dan pastilah dapat mencukupi segala kebutuhan operasional sekolahnya, namun bagaimana jika jumlah muridnya sedikit tentu akan berbeda dalam pemanfaatannya dana tersebut, sehingga gaji honor guru pun akan jauh berbeda antara sekolah dengan jumlah murid banyak dan jumlah murid sedikit.
Namun diakui atau tidak pemanfaatan Dana BOS KITA membuat sebagian besar sekolah menjadi risau karena sistem pengelolaan yang semakin rumit dan banyak ketentuan yang harus dipenuhi, disini lain Sekolah Dasar adalah sekolah yang mendapat dampak kesulitan paling besar. Sebab Sekolah Dasar memang jarang atau bahkan tidak mempunyai Staf Administrasi atau Tata Usaha yang menangani pengadministrasian keuangan maupun yang lainnya. Sering ketika terjadi kasus-kasus yang menyimpang adalah dikarenakan kesalahan pengadministrasian penggunaan Dana BOS KITA yang dikelola oleh pihak Sekolah Dasar, sehingga ketika Monitoring yang sering terjadi adalah Kecemasan bagi sekolah dasar.
Proses belajar itu tetap dijalannya oleh sekolah dasar, untuk itu seharusnya pemerintah mempunyai inisiatif untuk memberikan peluang guru honor atau tenaga kependidikan yang ada disekolah untuk didik dan diangkat menjadi Staff Tata Usaha agar mampu mengelola administrasi yang ada di sekolah.

Tidak ada komentar: